Press "Enter" to skip to content

6 Aturan yang Diterapkan Unkhair untuk Cegah Penyebaran Covid-19 di Kampus

Pemberlakuan bekerja dari rumah (BDR) dan kuliah jarak jauh kembali diterapkan Universitas Khairun Ternate. Hal ini berdasarkan surat edaran Rektor Unkhair yang diluncurkan pada Jumat (2/7).

Dalam edaran itu, disebutkan bahwa pusat kegiatan akademik akan difokuskan pada sistem jarak jauh (online) dan membatasi kegiatan fisik di lingkungan Unkhair. Aturan ini akan dilaksanakan mulai 5 Juli sampai 19 Juli 2021.

Rektor Unkhair, Husen Alting, dalam edaran yang diterima mantra menyebutkan ketentuan tersebut diterapkan menyusul lonjakan peningkatan kasus corona di Maluku Utara, khususnya di Kota Ternate.

“Menindaklanjuti laporan data peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi corona virus disease 2019 dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, khususnya di wilayah Kota Ternate” bunyi kutipan edaran tersebut.

Berikut enam aturan yang diterapkan Unkhair bagi seluruh civitas akademika:

1. Membatasi kegiatan fisik di lingkungan kantor Universitas Khairun dengan melakukan BDR selama 11 (sebelas) hari kerja mulai tanggal 5 Juli 2021 sampai dengan 19 Juli 2021 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan situasi dan kondisi.

2. Dalam rangka memastikan keamanan fasilitas, ketersediaan layanan publik, dan layanan administrasi kantor yang tidak dapat ditunda selama penyelenggaraan BDR, unit kerja terkait dapat menjalankan kedinasan di kantor paling banyak 25% (dua puluh lima persen) dari jumlah pegawai pada unit kerja tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat mengacu pada Protokol Kesehatan yang dibentuk oleh Gugus Tugas Mitigasi Covid-19 Universitas Khairun.

3. Selama pemberlakuan BDR:

a. kegiatan kedinasan ke luar daerah dibatasi;

b. kegiatan tatap muka (fisik)di hotel dibatasi paling banyak 25% (dua puluh lima persen) dari kapasitas ruang pertemuan;

c. kegiatan tatap muka (fisik) dalam rangka memenuhi undangan dari pihak luar Universitas Khairun diutamakan untuk dilakukan secara daring, kecuali yang bersifat sangat mendesak dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat;

d. tidak diperkenankan menerima tamu kecuali untuk kepentingan yang bersifat penting dan sangat mendesak paling banyak 3 (tiga) orang, dengan menunjukkan hasil tes swab antigen dalam kurun waktu 1x 24 jam atau hasil tes PCR dalam kurun waktu 2×24 jam; dan

e. seluruh pegawai wajib melaksanakan pola hidup bersih dan sehat serta menerapkan prinsip 3M, yaitu: 1) menggunakan masker dengan benar ketika berada atau berkegiatan di luar rumah tanpa terkecuali; 2) mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer; dan 3) menjaga jarak aman termasuk membatasi mobilitas, tidak keluar rumah kecuali untuk kegiatan yang penting, dan menghindari kerumunan misalnya ke tempat perbelanjaan, objek wisata, dan tempat umum lainnya yang berisiko penularan Covid-19.

4. Penyelenggaraan perkuliahan di lingkungan Universitas Khairun pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 wajib dilaksanakan secara daring.

5. Pimpinan unit kerja (Dekan/Direktur/Ketua LPPM) hanya dapat mengizinkan penyelenggaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen dan/atau mahasiswa Universitas Khairun jika memenuhi Protokol Kesehatan yang dibentuk oleh Gugus Tugas Mitigasi Covid-19 Universitas Khairun.

6. Pimpinan unit kerja melakukan hal-hal yang dapat mendukung metode pembelajaran daring tahun akademik 2020/2021 di lingkungan Universitas Khairun berupa:

a. pelarangan aktivitas perkuliahan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 4 dan angka 5;

b. memastikan keberlakuan Protokol Pencegahan Covid-19 Bidang Akademik, dan Protokol Pencegahan Covid-19 Bidang Non Akademik yang dibentuk oleh Gugus Tugas Mitigasi Covid-19 Universitas Khairun di lingkup kelembagaan yang dipimpin;

c. pelarangan aktivitas/kegiatan mahasiswa yang dilakukan di luar jam kerja (08.30—15.00 WIT);

d. memastikan layanan teknologi informasi pada unit kerja mendukung proses pembelajaran daring; dan e. memastikan jasa layanan administrasi pada unit kerja mendukung proses pembelajaran daring.

Sumber: Edaran Rektor Unkhair nomor: 1546/UN44/HM.09/2021.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *