Press "Enter" to skip to content

Dekan Kedokteran Unkhair Imbau Mahasiswa Rutinkan Pencegahan Covid-19

yang paling penting dari langkah pencegahan menurut Marhaeni adalah mencuci tangan di air yang bersih dan mengalir


KAMPUS,lpmmantra.com–Pimpinan Fakultas Kedokteran (FK) Unkhair, dr. Marhaeni Hasan Sp.A.,M.M memberi imbauan kepada mahasiswa di lingkup Universitas Khairun untuk membiasakan diri melakukan langkah pencegahan terhadap virus corona atau covid-19 setiap saat.

Menurut Marhaeni, membiasakan langkah pencegahan terhadap diri sendiri merupakan bagian dari antisipasi penyebaran virus. Pasalnya, jumlah pasien positif covid-19 di Indonesia makin bertambah. Ia menyebut sejumlah kasus yang menimpa beberapa pasien di daerah Jawa.

“Kita tidak bisa mengaggap remeh virus ini karena angka kematian semakin tinggi dan menular begitu cepat” ujarnya saat ditemui mantra di Ruang Belajar FK Unkhair siang tadi, Rabu 18 Maret 2020.

Selain itu, ia menambahkan, mahasiswa harus membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup bersih. “yang paling penting dari pencegahan adalah mencuci tangan di air yang bersih dan mengalir” jelasnya.

Sementara, untuk bahan penyanitasi tangan (hand sanitizer), Unkhair sendiri telah memproduksi hand sanitizer yang dilakukan oleh tim peneliti Laboratorium Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Hand Sanitizer yang awalnya bermula dari bahan praktikum mahasiswa ini dibikin dengan kandungan berbahan alami ekstrak tangkai bunga cengkeh. Kandungan ini diyakini ampuh membunuh virus, jamur dan bakteri.

Kendati begitu, menurut Marhaeni, bahan penyanitasi tangan sepatutnya digunakan sebagai pengganti air bersih saat seseorang hendak mencuci tangan.

hand sanitizer itu digunakan apabila tidak ada air dan bisa dibawa ke mana-mana sebagai persiapan” terang dosen FK itu. Ia juga menegaskan agar mahasiswa tidak panik dengan informasi yang beredar di media sosial.

Imbauan ini menyusul edaran Rektor Unkhair tentang kesiapsiagaan dini antisipasi pencegahan covid-19 atau virus corona yang dikeluarkan pada tanggal 16 Maret 2020 dan diberlakukan untuk semua sivitas akademika.

Selain itu, beberapa hari ke depan, Fakultas Kedokteran Unkhair juga akan membuat penayangan informasi tentang Covid-19 (Coronavirus) di masing-masing fakultas di lingkup Unkhair. Tujuan penayangan ini untuk memberitahu apa itu virus corona, cara penyebarannya serta cara pencegahannya.

REDAKSI

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *