Press "Enter" to skip to content

Kala Mahasiswa STKIP di Ternate Meminta Kejelasan Akreditasi Kampusnya

NEWS-MANTRA

Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha di Ternate, Maluku Utara, meminta kejelasan informasi tentang status Akreditasi kampusnya. Protes tersebut mereka suarakan dengan aksi unjuk rasa di Depan Rektorat kampus, Rabu (3/2/21).

Akreditasi kampus swasta di Maluku Utara ini dinilai telah mengalami status kadaluarsa terhitung sejak 19 juli 2019 sampai 2021. Hingga kini, belum ada kepastian peringkat yang diberikan oleh Badan Akrditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Kami mendesak pihak kampus agar memberi kejelasan terkait akreditasi kampus yang sejak 2019 sampai saat ini sudah kadaluarsa dan belum ada kejelasan” ungkap Ronaldo Mahmud, Koordinator Aksi, kepada mantra (3/2/21).

Ronaldo juga bilang, bahwa mereka tak hanya meminta kejelasan akreditasi, tetapi juga menolak sejumlah kebijakan kampus seperti pelaksanaan Pengabdian Lapangan (PPL) dan dugaan pungutan liar kepada mahasiswa.

“Kami juga menolak melaksanaan PPL karena sudah tidak sesuai prosedur serta mendesak kampus tidak melakukan pungutan liar terhadap mahasiswa” tambah mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah itu.

Sementara itu, Wakil Ketua II (dua) STKIP Kie Raha Ternate, Wacyudi Eksan mengatakan, pengusulan akreditasi institusi sudah dilakukan sejak 2019 dan masih dalam proses perbaikan berkas pengusulannya.

“Jadi akreditasi institusi sudah dua kali kami lakukan pengiriman dan sudah masuk visitasi. Tinggal hanya menunggu hasil akreditasinya” jelas dia saat dikonfirmasi mantra usai unjuk rasa.

Ia juga mengatakan, upaya pengusulan akreditasi institusi tersebut sudah dilakukan beberapa kali oleh pihaknya hingga awal 2021. Karena itu, hasil akreditasi ini masih akan ditunggu dari pihak BAN-PT.

“Semua berkas akreditasi sudah kami kirim sebanyak 4 kali sampai 2021, untuk saat ini akreditasi institusi C. Kami masih menunggu hasil akreditasi dari BAN-PT” pungkasnya.

_
Reporter: Fadli Kayoa
Editor: Dewan Redaksi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *