Press "Enter" to skip to content

Kuliah Daring di Unkhair Karena Corona Dimulai Pekan Depan

KAMPUS, lpmmantra.com–Merebaknya coronavirus (covid-19/virus corona) di berbagai negara termasuk Indonesia membuat Pemerintah Indonesia mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran jenis virus kategori pandemi tersebut.

Di sektor pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) menginstruksikan agar satuan pendidikan di Indonesia melakukan pencegahan virus corona melalui Surat Edaran Mendikbud nomor 3 tahun 2020 tertanggal 12 Maret.

Menyusul edaran Mendikbud tersebut, Rektor Universitas Khairun (Unkhair) Prof. Dr. Husen Alting Sh.,Mh. mengeluarkan edaran tentang Kesiapsiagaan Dini Antisipasi Penyebaran Virus Corona. Edaran dengan nomor: 325/UN44/HM.09/2020 itu diluncurkan pada tanggal 16 Maret 2020.

Salah satu poin pada edaran rektor itu menginstruksikan agar aktivitas belajar mengajar di lingkup Unkhair dapat dilakukan secara jarak jauh (kuliah online).

“untuk minggu ini pada tahap persiapan metode pembelajaran daring dan akan dilaksanakan pada 24 Maret mendatang” ujar Husen kepada mantra, usai menggelar rapat bersama sejumlah pimpinan fakultas dan unit terkait di Ruang Rapat Lt. 3 Rektorat Unkhair, Senin 16 Maret 2020.

Pelaksanaan kuliah jarak jauh yang akan diterapkan mulai pekan depan pada hari Selasa, 24 Maret nanti, juga dibenarkan pihak Humas Unkhair saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan singkat, Selasa (17/3) malam.

Selaras dengan adanya penerapan kuliah daring, Dosen Sastra Indonesia Unkhair, Rahma Djumati, menganggap metode pembelajaran yang dimaksud merupakan bagian dari ikhtiar mahasiswa dan dosen untuk mencegah adanya penyebaran covid-19.

“kuliah jarak jauh dan mengisolasi diri masing-masing di dalam rumah untuk sementara waktu adalah cara pencegahan yang lebih baik” ujarnya. Meski begitu, bagi Rahma, berdiam diri bukan berarti memberhentikan aktivitas kuliah. Pasalnya, metode daring merupakan kuliah berbasis IT. Ia juga menambahkan sejauh ini para dosen juga telah mengupayakan bahan persiapan pembelajaran.         

Liputan: Rian Husni

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *