Press "Enter" to skip to content

Mahasiswa Unkhair Keluhkan Pelaksanaan Kubermas yang Lamban Diumumkan

Lambannya informasi penetapan lokasi Kuliah Berkarya dan Bermasyarakat (Kubermas/KKN) di Unkhair membuat sejumlah mahasiswa yang menjadi peserta Kubermas ramai-ramai mengeluh.

Redaksi Mantra | lpmmantra.com


Sejumlah mahasiswa mengaku turut menyesalkan lambatnya informasi penetapan lokasi kubermas yang enggan diinformasikan Panitia Kubermas Unkhair tahap I tahun 2020.

Sebelumnya, penetapan nama dan lokasi kubermas memang dijadwalkan pada 1 Agustus 2020, awal bulan ini, namun diundur kembali karena penanggulangan pandemi covid-19.

Peserta Kubermas Unkhair, Rais Talalubae, mengatakan, tanggal penetapan lokasi Kubermas seharusnya benar-benar dipastikan, sehingga tidak membuat mahasiswa merasa resah.

“Informasi itu harus dipastikan, katanya tanggal satu sudah penetapan lokasi, tapi sampai saat ini belum diinformasikan, akhirnya kebanyakan [peserta kubermas] sekarang sudah resah” ujarnya, kepada mantra, Senin (3/8).

Rais juga menyarankan agar informasi itu tidak hanya disebar melalui media sosial, melainkan secara manual. Dikarenakan sebagian mahasiswa tidak memiliki kuota internet untuk mengkses informasi tersebut.

Keluhan yang sama juga diutarakan salah seorang peserta Kubermas yang tidak ingin disebutkan namanya. Ia katakan, kendala informasi Kubermas ini menyulut keresahan mahasiswa.

“Apalagi torang [kami] ini sudah dikatakan mahasiswa akhir, jadi harus mengurusi kesibukan lain seperti mengonfirmasi judul proposal dan lainnya. Kalau info kubermas terus diundur, bikin tong pusing” katanya. Meski demikan, ia berharap agar penetapan lokasi bisa segera diumumkan.

Kubermas Tetap Dilangsungkan di Bulan Agustus-September

Sementara itu, Sekretaris Panitia Kubermas Unkhair, Arly Kelian, saat dikonfirmasi mantra lewat pesan singkat siang tadi, mengakui adanya ketidakjelasan informasi penetapan lokasi peserta.

Hal ini dikarenakan pihaknya masih mengkoordinasi daerah yang layak menjadi penempatan peserta kubermas. Pasalnya, beberapa lokasi yang telah diumumkan sebelumnya saat ini masuk dalam daftar zona merah covid-19.

“Sebelumnya telah kami umumkan bahwa kegiatan kubermas di lapangan berlangsung mulai 3 Agustus sampai 3 September. Namun karena adanya penanggulangan penyebaran virus corona, maka kami tunda pelaksanaannya” ungkapnya.

Selain itu, Arly menyampaikan bahwa pelaksanaan kubermas tetap dilangsungkan di bulan yang sama yaitu pada bulan Agustus-September, hanya saja tanggal pelaksanaannya belum ditentukan.

“Kami harap peserta dapat bersabar, karena kegiatan kubermas pasti berjalan tetap di bulan yang sama hanya saja tanggalnya yang belum ditentukan” imbuhnya. Ia juga memastikan bahwa tahapan pelaksanaan Kubermas akan dimulai pada pekan ini.

Untuk diketahui, lokasi kegiatan kubermas kali ini ditentukan berdasarkan domisili peserta yang telah diisi pada biodata diri saat pemberkasan ke LPPM Unkhair.

Sementara itu, bagi peserta yang ingin memilih program kubermas mandiri maupun kelompok, dapat melakukan konsultasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) masing-masing, selanjutnya akan ditentukan dan diarahkan oleh DPL-nya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *