Press "Enter" to skip to content

PAB MANTRA 2021

1. LATAR BELAKANG

Menghidupkan rambu-rambu literasi di lingkungan kampus memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab mahasiswa. Laksana api dan panasnya, menulis memang selalu bertalian erat dengan aktivitas akademik seorang mahasiswa di kampus. Walaupun begitu, menggaung kesadaran untuk mengasah dan terus membina kemampuan literasi (baca-tulis) tersebut patut dianggap masih cukup memperihatinkan. Hal ini tentu saja bisa dicermati pada menipisnya apresiasi gagasan mahasiswa yang disalurkan lewat karya tulis, baik karya ilmiah maupun berbagai genre karya sastra sebagai wujud pemikiran seorang mahasiswa.

Tak hanya itu. Derasnya kemajuan teknologi menjadi tantangan yang amat serius bagi mahasiswa, terutama dalam menyerap berbagai informasi. Jika tidak dibekali binaan literasi, tentu saja, seorang mahasiswa sudah pasti akan terjebak pada sumber-sumber informasi yang “menyesatkan”. Masalah-masalah demikian cukup dirasakan akhir-akhir ini, di lingkungan kampus, juga di lingkup masyarakat secara luas. Padahal di era yang serba instan ini, kebebasan memperoleh informasi sangat mudah didapatkan, namun, menelaah sebuah informasi dan pengetahuan dengan bekal daya literasi, sejujurnya masih jauh dari apa yang diharapkan.

Untuk membina dan tetap merawat kemampuan literasi seorang mahasiswa, maka Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) MANTRA Fakultas Ilmu Budaya Unkhair menjaring rekan-rekan mahasiswa yang memiliki minat menulis untuk mendaftarkan diri pada kegiatan PAB Mantra 2021 yang akan diselenggarakan pada bulan Februari mendatang.

2. APA ITU PAB MANTRA?

Penerimaan Anggota Baru Mantra yang selanjutnya disingkat PAB Mantra merupakan tahapan pelaksanaan penerimaan calon anggota baru Mantra yang dilaksanakan setiap tahun ajaran baru. Tahap rekrutmen ini ditujukan bagi mahasiswa aktif di Fakultas Ilmu Budaya Unkhair, hal ini mengingat Mantra sendiri merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang hanya memiliki ruang lingkup keanggotaan di FIB Unkhair.

3. SYARAT PENDAFTARAN


Bagi anda yang mau menjadi calon anggota baru Mantra, silahkan lengkapi ketentuan berikut.
1. Merupakan mahasiswa aktif (Maksimal semester 5) FIB Unkhair;
2. Memiliki minat menulis yang tinggi;
3. Mengikuti Workshop Jurnalistik Tingkat Dasar LPM Mantra;
4. Mengisi formulir pendaftaran di https://forms.gle/n9Fv78h8QtR394b1A
5. Ikuti (follow) media sosial Mantra (Facebook/halaman: mantra/mantra online; instagram: mantra_fib; twitter: MantraOnline; You Tube: Mantra Podcast.

4. ALUR PENDAFTARAN


Pendaftaran calon anggota Mantra telah dibuka sejak 20 Januari 2021. Sementara, batas pengisian formulir pendaftaran pada tanggal 3 Februari 2021. Setelah melalui proses seleksi berkas formulir pendaftaran, peserta akan mengikuti Workshop Jurnalistik Tingkat Dasar dan melaksanakan magang (liputan lapangan) selama 2 bulan. Informasi workshop dan magang akan kami sampaikan selanjutnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *