Press "Enter" to skip to content

Peduli Lingkungan Pesisir, Prodi Ilmu Sejarah Unkhair Gelar Bakti Sosial

Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unkhair gelar kegiatan pengenalan alam jurusan (PAJ) dan Bakti sosial pada, Minggu (11/9).

Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di kawasan wisata pantai Tobololo Kelurahan Tobololo, Kota Ternate Barat, Kota Ternate, Merupakan rangkaian kegiatan Pengenalan Alam Jurusan (PAJ) yang digelar selama tiga hari, sejak Jumat 9-11 September 2022.

Ketua Panitia PAJ dan Bakti Sosial, Alwensi Kasukung, saat ditemui Mantra mengungkapkan, kegiatan pengenalan alam jurusan (PAJ) diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2022 ilmu sejarah.

“Kegiatan pengenalan Alam Jurusan dan Bakti sosial, yang kami gelar diikuti sejumlah mahasiswa baru angkatan 2022,” ujarnya.

Ketua Forum Studi Anak Sastra (Foras) Maluku Utara itu menambahkan, kegiatan bakti sosial ini, menjadi salah-satu kegiatan yang ditujukan untuk melatih kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan di pesisir laut. Ia bilang, mahasiswa seharusnya mampu menjadi motor penggerak penyelamatan lingkungan dari sampah.

“Tentunya kegiatan pengenalan alam jurusan tahun ini, sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, kami menginisiatifkan bakti sosial, dengan tujuan melatih mahasiswa agar peka terhadap lingkungan di pesisir laut dari sampah plastik,” ujarnya.

Sementara, Ketua Himpunan mahasiswa Program Ilmu Agus Salim Sabtu mengatakan, Tujuan dari kegiatan bakti sosial adalah untuk menjaga agar lingkungan obyek wisata pantai Tobololo tetap bersih dan terjaga kelestarian lingkungan serta sumber daya alam yang ada.

“Tujuan bakti sosial adalah untuk menjaga agar lingkungan objek wisata pantai Tobololo tetap bersih, dan terjaga kelestariannya alamnya,” Tuturnya.

Ia juga bilang, kegiatan yang digelar sebagai bagian dari sosialisasi kepada warga serta pengunjung di pantai Tobololo.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi media sosialisasi, agar warga dan pengunjung bisa peduli terhadap lingkungan sekitar pantai Tobololo,” sambungannya.

Selain itu, Jainul Yusup, ketua Program Studi Ilmu Sejarah FIB Unkhair mengaku, merasa senang dan bangga karena mahasiswanya begitu peka dengan alam dan masyarakat sekitar. Ia mengatakan, (HMJ) selain memperkenalkan mahasiswa baru dengan dunia kampus terutama berdinamika di program studi, mereka juga mengajarkan mahasiswa untuk peduli lingkungan dan alam sekitarnya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Bakti sosial mahasiswa ilmu sejarah, karena mereka mengajarkan banyak hal kepada generasi penerus di prodi ilmu sejarah. Selain mengajarkan mahasiswa baru tentang kampus, mereka juga telah mengedukasi mahasiswa baru untuk menjaga lingkungan pesisir laut,” tandasnya.

Perlu diketahui, kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan sejak pagi itu, diikuti oleh sejumlah mahasiswa ilmu sejarah dan para Dosen Prodi Ilmu Budaya Unkhair.


Editor : Tim Redaksi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *