Press "Enter" to skip to content

Satu Tahun Anggaran Kubermas Hilang, Unkhair Bungkam

Anggaran Kubermas Tahap I 2020 Universitas Khairun (Unkhair) sebesar 90 juta rupiah dinyatakan hilang sejak tahun 2021. Sebanyak 700 mahasiswa tidak menerima hak mereka sebanyak Rp. 150.000 perorang.

Arly S.Pd, Panitia Kubermas yang menghilangkan anggaran Kubermas, saat ditemui Mantra pada Maret lalu (11/3/22), berjanji akan mengembalikan anggaran tersebut dalam waktu dekat. Namun hingga kini tak kunjung dikembalikan.

”Saya akan berusaha untuk mengembalikan uang yang sudah saya hilangkan, itu tanggung jawab saya. sekarang ada usaha untuk itu,” ujarnya kepada Mantra.

Selain janji yang disampaikan secara langsung kepada mahasiswa, Arly juga menyampaikan  melalui via Whatsapp pada Januari 2022. Ia mengatakan, akan bertanggung jawab dan siap dipidana apabila anggaran Kubermas tidak ia kembalikan.

“Untuk persoalan pembayaran itu kesalahan pribadi saya, sementara saya terbentur dengan kendala pengajuan ke bank ada syarat-syarat yang belum saya penuhi sehingga bank belum mencarinya. Saya tidak mau lagi menyebutkan tanggal sehingga ujung-ujungnya tidak jelas, mulai 1 bulan dari hari ini jika saya belum memenuhi hak kalian maka saya wajib dituntut secara hukum,. Saya akan buat video pernyataan langsung dan tertulis besok sebagai dasar kalian untuk konsekuensinya kalau apa yang saya nyatakan tidak terpenuhi,” bunyi pernyataan Arly  lewat Via Whatsapp pada 24 Januari 2022.

Wahyu, peserta Kubermas Kelurahan Makassar Barat menceritakan, awalnya anggaran Kubermas dinyatakan hilang pada Desember 2021 dan Arly berjanji akan berusaha mengembalikan anggaran tersebut kepada mahasiswa disertai surat pernyataan.

“Saya dengar sih dari kata pak Arli, dia menyampaikan bahwa uang itu hilang diambil orang. Entah orang itu siapa. Intinya penyampaian dari pak Arly menyampaikan uang itu hilang. Dan katanya dia akan berusaha untuk mendapatkan uang itu tapi nyatanya sudah nggak ada,” ujarnya pada Jum’at, (28/7/22).

Sementara Fahmi, Koordinator Kubermas Kelurahan Sangaji mengatakan, sejak bulan Desember 2021, ia bersama rekan-rekan Kubermas telah berulang kali menemui Arly untuk memastikan hak mereka.

“Sejak bulan Desember kami menemui pak berulang kali, tapi pak Arly hanya janji dalam waktu singkat dia kase kembali,” ujarnya saat dihubungi via Telepon pada Minggu, (30/7/22).

Mahasiswa Fakultas Perikanan itu juga menceritakan bahwa sejak Desember Arly berusaha melakukan kredit untuk mengganti uang yang ia hilangkan.

“Jadi bulan Desember itu pak sudah janji akan ganti uang itu, katanya dia mau kredit di bank untuk ganti uang yang hilang itu. Pak sampaikan melalui chat Whatsapp, bahkan pak buat surat pernyataan 10 Februari 2022 yang isinya siap bertanggung jawab pengembalian hak mahasiswa,” tuturnya.

Fahmi bilang sejak surat pernyataan itu dikeluarkan, Arly memberikan batas waktu hingga 25 Februari 2022 . Namun hingga kini, anggaran Kubermas yang hilang tak kunjung dikembalikan. Ia juga mengatakan bahwa telah berulang kali mengkonfirmasi Arly pada bulan Desember 2021 hingga maret 2022.

“Saya punya teman-teman tanya berulang kali sampai hari ini, saya sudah coba konfirmasi pak Arly tapi saya punya nomor hp dapa blokir dari pak,” ujarnya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unkhair Dr. M. Irfan, Spi, M.Si saat ditemui Mantra pada Senin (14/03/2022) mengatakan bahwa sudah mendesak Arly untuk mengembalikan anggaran yang telah ia hilangkan.

“Saya sudah memanggil Arly yang bersangkutan untuk segera mengupayakan mengembalikan anggaran yang hilang, karena itu anggaran negara. Dalam waktu dekat akan saya panggil kembali,” ujarnya

Dr. M. Irfan, Spi, M.Si ketika ditemui kembali pada Selasa (25/7/22) mengatakan bahwa anggaran Kubermas yang hilang sudah dikembalikan pada SPI (Satuan Pemeriksaan Internal )  Unkhair. Ia juga mengungkapkan bahwa Arly akan bertanggung jawab secara langsung kepada SPI Unkhair dalam proses Pengembalian anggaran Kubermas yang dihilangkan.

“Untuk Anggaran Kubermas yang dihilangkan sudah kami kembalikan pada SPI Unkhair, yang bersangkutan akan mengembalikan dan Bertanggung jawab secara langsung Anggaran Kubermas yang hilang pada SPI Unkhair,” ujarnya.


Sumber Foto. Unkhair.ac.id

Liputan: Fadli Kayoa| Mantra

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *