Press "Enter" to skip to content

SMA Swasta Katolik Bintang Laut Ternate, Meraih Juara Olimpiade Kimia Unkhair

Himpunan Mahasiswa Kimia (Himakim)Universitas Khairun gelar olimpiade tahunan kimia memperebutkan piala bergilir dari Rektor Universitas Khairun Ternate.

Kegiatan yang berlangsung di ruangan aula Banau, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dimulai sejak tanggal 20-22 dan dimenangkan oleh SMA Swasta Katolik Bintang Laut Ternate, (22/11).

Rinti La Eni ketua panitia olimpiade kimia, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan yang bertajukOptimalkan Peran Generasi Z Sebagai Kimiawan Muda  yang Berjiwa Inovatif, Kompetitif dan Prestatif dalam Menyikapi Era 5.0dilakukan untuk mengembangkan minat dan potensi siswa-siswi Maluku Utara  khususnya di bidang ilmu kimia.

“Terdapat 57 tim dari 27 sekolah di Maluku Utara yang mendaftar dan yang berhasil lolos di final hanya 4 tim, yaitu SMAN 14 TIKEP, SMAN 1 kota Ternate, SMA Swasta Katolik Bintang Laut Kota Ternate dan SMA IC HALBAR,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa, SMA Swasta Katolik Bintang Laut Kota Ternate meraih juara pertama dan berhasil membawa pulang piala bergilir. Sedangkan SMAN 1 Kota Ternate memperoleh juara ke 2, SMA IC HALBAR juara 3, dan SMAN 14 TIKEP menjadi harapan pertama.

Sementra, kordinator program studi kimia Dr. indra Cipta S.Si., M.Sc. dalam sambutannya mengatakan bahwa selain olimpiade kimia kedepannya akan ada berbagai mata lomba untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di Maluku utara.

“Selain mencari minat dan bakat, kita juga mencoba merubah mindset peserta didik dari kimia yang sulit menjadi kimia yang menyenangkan atau chemistry is hard becoming chemistry is fun, mudah mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini akan menjadi  jalan perubahan mindset kita,” tuturnya.

Koordinator program studi itu juga menyampaikan kedepan akan ada program open lab di Universitas Khairun, karena masih terdapat banyak sekolah-sekolah yang tidak memiliki lab sehingga hal tersebut dapat membantu para siswa untuk berkembang.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan guru-guru dan dosen agar dibentuknya forum guru serta dosen Kimia Maluku Utara. Harapannya dapat membantu mahasiswa dan siswa dalam menggembangkan kemampuannya,” tandasnya.


Penulis: Fahrul Nadir (Magang)

Editor: Rifal Amir

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *