Press "Enter" to skip to content

Ternate Jadi Titik Singgah Kri Dewa Ruci Dalam Pelayaran Jalur Rempah 2022

Pelayaran Muhibbah Budaya Jalur Rempah kembali dihelat oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pelayaran menelusuri jalur rempah akan digelar pada tanggal 1 Juni 2022 di 6 titik jalur rempah.

Kegiatan Muhibbah Jalur Rempah yang direncanakan sejak tahun 2021 itu sempat tertunda karna pandemi. Di tahun 2022 pelayaran Muhibbah Budaya Jalur Rempah kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dilansir dari siaran pers Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, pada Selasa (19/4/22), ada 6 titik jalur rempah Nusantara yang akan ditelusuri oleh pemuda dan pemudi dari 34 provinsi di Indonesia, yaitu Surabaya, Makassar, Bau-bau-Banggai, Ternate-Tidore, Banda dan Kupang. Dari enam titik jalur rampah yang menjadi titik singgah jalur rempah, Ternate dan Tidore menjadi bagian dari enam titik yang disinggahi kapal latih TNI angkatan laut yang ditumpangi para laskar jalur rempah.

Dikutip dari antara news, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Dr. Restu Gunawan M. Hum. mengatakan bahwa muhibah budaya tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menyiapkan jalur rempah sebagai warisan dunia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menegaskan kembali keidonesiaan yang telah terhubung sejak lama dan diharapkan bisa membantu pembangunan berkelanjutan,” kata Restu.

Sementara itu, Laskar Rempah Maluku Utara Risman Sapsuha saat di temui Mantra mengungkapkan, bahwa kegiatan pelayaran muhibbah di tahun 2022 menjadi salah satu kegiatan nasional yang akan memperkenalkan rempah cengkeh sebagai sebagai indentitas orang Maluku Utara.

“Cengkeh menjadi Rempah yang di cari Dunia pada abad itu, tentunya pada Pelayaran tahun ini kami akan memperkenalkan Maluku Utara dengan sejarah dan Budayanya,” ungkap Risman.

Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Khairun itu juga menabahkan bahwa ada lima laskar rempah Maluku Utara yang akan berlayar dengan kapal Kri Dewa Ruci Dan yang akan membawa misi promosi kekayaan sejarah dan budaya Maluku Utara sebagai kota rempah dunia.

“Ada lima Laskar Rempah Maluku Utara yang siap mewakili Maluku Utara dan memperkenalkan Ternate-Tidore sebagai titik nol Jalur Rempah Dunia,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa lima laskar rempah yang mewakili Maluku Utara dalam pelayanan muhibbah budaya jalur rempah 2022 adalah Muhammad Wildan Alif Maulana, Rifaldi A. Gani, Ernawati Torano, Risman Sapsuha dan Fadli Kayoa.

Editor: Redaktur

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *