Press "Enter" to skip to content

UMMU Ternate Dukung Mahasiswanya yang Demo UU Cipta Kerja

Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) memberi dukungan moral kepada mahasiswanya yang bakal terlibat demonstrasi menolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law.

News-Mantra | Rabu 7 Oktober 2020


Hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (Warek III) Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Herry Zainal kepada sejumlah awak media.

Dukungan tersebut ia tujukan kepada mahasiswa yang bakal terlibat demonstrasi menolak UU Cipta Kerja (Omnibus Law) yang baru saja disahkan oleh DPR-RI pada Senin 5 Oktober kemarin.

‚ÄĚSeluruh civitas akademika dan staf dosen sangat mendukung secara moril akan gerakan penolakan Omnibus Law” kata Herry kepada mantra, Rabu tadi (7/10) di ruang kerjanya.

Menurut dia, demonstrasi merupakan hak mahasiswa untuk menyampaikan pendapat terhadap segala bentuk kebijakan pemerintah.

“Pada prinsipnya ini adalah gerakan dari mahasiswa. Mereka punya hak untuk menyampaikan pendapat terhadap kebijakan dan itu sah-sah saja” kata Herry, menanggapi tuntutan massa aksi yang tengah melangsungkan konsolidasi di Pelataran Rektorat UMMU.

Aksi Konsolidasi di Kampus

Sejak pagi tadi (7/10), sejumlah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) memang melakukan unjuk rasa di pelataran kampus UMMU.

Aski ini merupakan upaya konsolidasi yang dimediasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik. Mereka menyerukan agar lembaga intra kampus di UMMU turut menolak UU Omnibus Law.

Selain itu, massa meminta pihak kampus untuk mengeluarkan rekomendasi tertulis sebagai dukungan dalam aksi unjuk rasa yang akan dilakukan.

Namun Herry menyebut tidak bisa memberikan rekomendasi secara tertulis sebab ada tahapannya. Meski demikian, Warek Bidang Kemahasiswaan ini memberi imbauan agar mahasiswa tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Mengenai membawa nama almamater Muhammadiyah saya sangat mendukung dan saya berharap aksi besok berjalan kondusif dan tetap menjaga protap kesehatan” katanya.

Sementara itu, Munajir Jafar, Koordinator Lapangan mengatakan waktu pelaksanaan aksi akan dilangsungkan pada Kamis, 8 Oktober 2020.

“Tadi adalah [unjuk rasa] tahapan konsolidasi untuk aksi besok [8 Oktober 2020]. Kami pastikan seluruh mahasiswa UMMU akan turun” demikian tutur Munajir, kepada mantra siang tadi (7/10).

__
Reporter: Arjun Benteng
Editor: Rian Hidayat Husni

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *